Selasa, 03 Mei 2011

Hati-Hati di Internet

Oleh Cie_Poet
Hampir setiap kalangan sekarang sudah dapat menikmati layanan internet. Walaupun layanan tersebut belum maksimal, yang artinya layanan internet yang diberikan ISP (internet services provider) Indonesia masih kalah kecepatanya dibanding negara-negara di Asia.
Terlepas dari itu jaringan internet memang sangat dibutuhkan saat ini, tetapi berhati-hati lah bagi anda pengguna internet karena internet mempunyai dampak negatif yang tidak kita sadari. Salah satu dampak negatif tersebut adalah kecanduan internet. Layaknya obat-obatan terlarang (drugs) internet juga bisa membuat seseorang kecanduan.
Beberapa penyabab kecanduan internet diantaranya :
1.  Banyaknya penyedia jasa internet dan warung-warung internet,
2. Terbiasa mengisi waktu luang dengan internet, 
3. Terbiasa bergaul dengan internet dalam kehidupan sehari-hari,   
4. Banyak sesuatu yang menarik yang ditawarkan internet terhadap penggunanya, yang menyebabkan penggunanya merasa asyik berinteraksi dengan internet walaupun dalam jangka waktu yang lama,  
5. Munculnya situs jejaring sosial Facebook yang sudah mendunia, Facebook memberikan banyak fitur-fitur menarik didalamnya selain kita dapat berinteraksi dengan semua orang didunia,  
6.  Muncul situs jejaring sosial pesaing Facebook yaitu twiter,  
7. Kebutuhan informasi dan pengetahuan yang dapat di akses dengan mudah dan cepat.
    Sebab-sebab tersebut menyebabkan seorang pengguna yang kecanduan melupakan hal-hal yang ada di sekitarnya, bahkan pembengkakan pengeluaran penggunaan internet pun tidak dianggap serius. Sebagai salah satu contoh saat ini banyak terdapat pasien yang kecanduan internet di Amerika Serikat yang sedang ditangani oleh pusat rehabilitasi untuk orang-orang yang kecanduan internet. Jadi berhati-hatilah terhadap internet, pergunakan internet dengan sebaik-baiknya, dan jangan biasakan berinteraksi terlalu lama dengan internet.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar