Selasa, 26 April 2011

Menulis

Oleh : Cie_Poet
Gempita, Info Sekolah


            Senang sekali jika kita bisa ungkapkan hati dengan menulis. Orang lain bisa tahu perasaan kita walaupun tak tahu siapa kita, kita juga dapat membuat hati kita merasa sedikit lega. Perlu kamu ketahui, menulis juga dapat menambah uang saku lho. Selain manfaat menulis yang telah di sebutkan, masih banyak manfaat-manfaat menulis yang lain. Dalam hal ini, kamu bisa menanyakannya pada temanmu yang hobi menulis.
            Bagi kamu yang hobi menulis dan memiliki skill menulis, ada beberapa alternatif pilihan untuk mengembangkan hobimu, yaitu :

1.        Menulis artikel di majalah atau koran
Orang yang punya hobi dan skill menulis serta dapat menulis secara teratur dapat mengirimkan tulisannya secara ke media massa. Banyak pilihan media massa yang menerima tulisan. Diantaranya majalah, koran dan portal berita yang semakin menjamur. Majalah sekolah seperti Gempita juga dapat kamu gunakan sebagai sarana latihan menulis dan mengembangkan hobi. Untuk koran, kamu bisa memulainya dari yang lokal dulu, seperti koran nasional.

2.        Penulis buku
Menjadi penulis buku adalah pilihan berikutnya. Untuk yang satu ini, konsistensi, komitmen dan motivasi tinggi menjadi syarat utama. Ini tidak hanya bisa menjadi penghasilan utama, bisa-bisa kamu meninggalkan pekerjaan utamamu jika bukumu nantinya memaksamu untuk itu. Bukumu bisa saja sukses dan melambungkan namamu sehingga syarat utama untuk menjadi penulis terlihat seimbang dengan hasilnya.


3.        Editor
Pada saat ini, banyak sekali editor yang bersifat freelance. Umumnya mereka bisa bekerja di rumah. Para penerbit biasanya langsung mengirim naskah ke rumahnya. Menjadi editor sedikit lebih gampang dari menulis. Jika naskah terlalu sulit untuk diperbaiki, maka biasanya naskah itu tak dapat di muat.

4.        Menulis di Blog
Syarat utamanya tentu saja kamu harus punya blog. Banyak blogger yang bisa hidup dari menulis review di internet. Saat ini banyak sekali perusahan internet yang menjadi perantara penulisan review sebuah web atau produk. Selama masih ada internet, maka selama itu pula terbuka peluang bagi yang punya skill menulis.

5.        Menulis diary
Syarat utama menulis diary adalah memiliki buku. Tidak sulit. Kamu hanya perlu pena untuk menorehkan isi pikiranmu dan perlu membuka tanggal untuk menuliskan tanggal, bulan, dan tahun peristiwa.

Menulis bukanlah hal yang sulit jika kamu menyukainya dan dapat memahami arti menulis bagi dirimu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar